Friday, February 11, 2011

Wisata Indonesia : Taman Hutan Raya Bandung

Pintu masuk
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjung saat berwisata,Wara Wiri Wisata akan mencoba seberapa menarik kah taman djuanda sebagai salah satu tempat yg "wajib" dikunjungi saat berlibur di bandung.
TAHURA Ir. H. Djuanda pada awalnya termasuk dalam salah satu kawasan hutan lindung Gunung Pulosari. Namun kemudian pada tanggal 14 Januari 1985, Taman Hutan Raya tersebut diresmikan kembali dengan nama Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sebagai sebuah penghormatan bagi beliau yang merupakan pahlawan bangsa dari Tatar Pasundan (sedikit sejarah..hehe).

vegetasi yg ada
Dengan luas sekitar 527,03 ha, Tahura Ir H Djuanda dapat menjadi pilihan tujuan wisata di kota bandung. Udara Bandung yang sudah mulai panas, membuat Tahura bisa menjadi salah satu oase di Kota Bandung. Tempat ini menyuguhkan panorama hutan di Kawasan Bandung utara yang menjadi penyumbang udara bersih dan pasokan air. Selain itu, anda pun bisa mengenal berbagai jenis flora dan fauna yang terdapat di Tahura ini.



Dengan tipe vegetasi hutan alam sekunder yang didominasi oleh jenis pohon Pinus, Kaliandra , Bambu dan berbagai jenis tumbuhan bawah seperti tumbuhan Teklan,dan masih banyak lagi dapat mengilangkan kepenatan setelah menjalankan rutinitas kota yang penuh dengan polusi (bikin sehat loh..).
Monumen Djuanda
Gak ketinggalan fauna (hewan) yang hidup dengan nyaman di Tahura yaitu Musang, Tupai, Kera serta berbagai jenis burung seperti Kepondang, Kutilang dan Ayam hutan dan kadang kita kalo beruntung dapat menemukan harimau atau macan juga loh.....
Selain itu di dalam kawasan Taman Hutan Raya terdapat berbagai obyek wisata yang cukup menarik seperti Monumen Ir. H. Juanda yang terletak pada suatu plaza, gua-gua buatan peninggalan jaman Belanda dan Jepang, Kolam Pakar yang merupakan kolam buatan seluas 1,15 Ha milik PLN yang berfungsi sebagai tempat penampungan air yang berasal dari sungai Cikapundung untuk sumber pembangkit tenaga listrik. Serta terdapat 2 buah curug (air terjun) yaitu Curug Dago dan Curug Omas yang tingginya 35 m.
 
jogging track Tahura
Pokoknya kalo ke bandung gak berkunjung ke hutan satu ini pasti rugi deh, udah tempat gk jauh dari pusat kota daerah Dago atas, kita pun dapat menikmati udara segar bersama keluarga,teman-teman,dan pacar (asal jangan jadi tempat yang gk2 aja...haha)
Salah satu ke istimewaan tempat ini kita dapat tembus langsung ke daerah Maribaya (Wara Wiri Wisata episode mendatang..), terdapat jogging track menuju kawasan Maribaya.
selamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment