Saturday, June 18, 2011

Wisata Indonesia : Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Bandung emang gk ada abisnya buat liburan, satu lagi tempat wisata yang akan dibahas di Wara Wiri Wisata yaitu Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.
Adapun asal-usul Gunung Tangkuban Parahu ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang oleh masyarakat sekitar, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.
Perjalan menuju Tangkuban perahu, dikiri kanan jalan kita dapat menikmati hamparan hijaunya kebun teh dan juga barisan pohon-pohon pinus. Namanya juga gunung, sudah pasti setiap saat udaranya sejuk banget. Karena Tangkuban perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif sampai saat ini, maka dari dulu sudah banyak terjadi letusan yang meninggalkan kawah sisa letusannya. Saat ini Kawah-kawah tersebut sudah dijadikan tempat wisata.Kawah-kawah tersebut antara lain Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan kawah Ratu. Beberapa kawah mengeluarkan bau asap belerang, bahkan ada kawah yang dilarang untuk dituruni, karena bau asapnya mengandung racun (ikuti peraturannya ya...).
kalau anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa luangkan waktu anda untuk mengunjungi tangkuban perahu. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, semuanya akan membuat anda puas. Mengunjungi tangkuban perahu berarti anda telah menikmati wisata alam, wisata lagenda, dan juga wisata belanja ( sambil naek kuda juga bisa ). Karena di kawasan gunung ini banyak kita jumpai pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam sauvenir, makanan, dll. Di bibir kawah gunung ini anda juga bisa berjalan-jalan dengan menunggangi kuda sewaan, yang semuanya akan menambah kepuasaan anda berwisata. Wara Wiri berpesan : Datang dan Nikmati Sensasi Tangkuban Perahu!!!

1 comments:

SUBUR JAYA UTAMA said...

Wah hebat, sebagian yang saya bagu-bagus pemandangannya. Tangkuban Parahu Memang menarik untuk di kunjungi... Selamat berwisata aja...

Post a Comment