Friday, February 4, 2011

Wisata Indonesia : Paris Van Java

Wara Wiri Wisata coba mengangkat ibukota Jawa Barat sebagai destinasi WISATA INDONESIA yg akan di angkat sebagai tempat wisata yg "WAJIB" untuk di jambangi (alah bahasa naon eta...haha). Bandung adalah ibu kota dari provinsi Jawa Barat, mungkin pertama kali dengar kata Bandung banyak orang langsung berpikir selogan "Paris Van Java", ya benar sekali bandung memang dikenal dengan sebutan "Paris Van Java" sejak zaman penjajahan dulu karena kota Bandung dahulu kala terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya. Suasana ini sangat disukai oleh orang2 kolonial, dan menurut mereka sama dengan kota Paris Perancis. Oleh karena itulah mereka memberi julukan Paris Van Java kepada Kota Bandung, yang artinya kota Paris dari Pulau Jawa


Kota Kembang merupakan sebutan lain untuk kota Bandung, Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar dimana-mana serta keragaman Kuliner yang dimiliki kota ini.Kota bandung pun patut berbangga karena pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Kembang ini sebagai pilot project kota terkreatif se- Asia Timur dan hingga saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama Pariwisata dan Pendidikan (keren gk tuh..).

Sedikit Sejarah, Kata "Bandung" berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya  sungai citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama "Bandung" diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A Wiranatakusumah II, untuk melayari Citarun dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.
Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, melalui Gubernur Jenderalnya waktu itu Herman Willem Deandles, mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan ini. Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Kota Bandung juga dikenal dengan sejumlah besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda, diantaranya Gedung Sate sekarang berfungsi sebagai kantor pemerintah provinsi Jawa Barat, Gedung Pakuan yang sekarang menjadi tempat tinggal resmi guberbur provinsi Jawa Barat, Gedung Dwi Warna atau Indische Pensioenfonds sekarang digunakan oleh Kantor Wilayah XII Ditjen Pembendaharaan Bandung, Villa Isola sekarang digunakan Universitas Pendidikan Indonesia, Stasion Hall atau Stasiun Bandung dan Gedung Pos Kota Bandung, Kota Bandung juga memiliki beberapa ruang publik seni seperti museum, gedung pertunjukan dan galeri diantaranya Gedung Merdeka, tempat berlangsungnya KTT Asia-Afrika pada tahun 1955,  Museum Sri Baduga, yang didirikan pada tahun 1974 dengan menggunakan bangunan lama bekas Kawedanan Tegallega,serta ruang publik yang lain (ntar dbahas satu persatu..hehe)

Kota Bandung pun memiliki beberapa kawasan yang menjadi taman kota, selain berfungsi sebagai paru-paru kota juga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat di kota ini. Kebun Binatang merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat minati oleh masyarakat terutama pada saat hari minggu maupun libur sekolah, Selain itu beberapa kawasan wisata lain termasuk pusat perbelanjaan maupun factory outlet juga tersebar di kota ini diantaranya, di kawasan Jalan Braga, kawasan Cihampelas, Cibaduyut dengan pengrajin sepatunya dan Cigondewah dengan pedagang tekstilnya. Beberapa pusat perbelanjaan di kota Bandung di antaranya Istana Plaza Bandung, Bandung Supermall, Cihampelas Walk, Bandung Indah Plaza, Paris Van Java mall dan banyak lagi.

Apabila anda ingin menikmati suasana alam Kota Bandung anda dapat mendatangi beberapa kawasan wisata yang memiliki panorama indah yang tidak kalah dengan daerah lain.

Untuk beberapa minggu kedepan WARA WIRI WISATA akan coba menampilkan beberapa kawasan wisata Kota Bandung serta segala sesuatunya yang anda butuhkan apabila berkunjung ke kota bandung.


1 comments:

Unknown said...

pertamaxx gann

Post a Comment