Monday, December 5, 2011

Wisata Indonesia - Sekilas Tentang Dunia Wisata Indonesia

Wisata Indonesia sudah sekian lama telah menjadi salah satu bagian menarik dari wisata dunia. Ketika berbicara mengenai wisata indonesia,  bisa dikatakan tempat wisata di indonesia sebagai surga wisata bagi para wisatawan domestic maupun mancanegara karena Indonesia mempunyai daya tarik wisata yang sangat menakjubkan. Ada banyak hal menarik di dalam wisata indonesia, dengan jumlah 17508 pulau yang membentang dari sabang sampai merouke, Indonesia memilik potensi yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tidak hanya kaya akan pantai dan laut saja, Indonesia dapat dikatakan lengkap untuk sumber daya alam, karena terdapat pegunungan, danau, lembah, hutan, hingga rawa yang indah pun dimiliki oleh Indonesia. Apabila dilihat Indonesia secara geografis dilewati oleh garis ekuator yang mengakibatkan Indonesia ber-iklim tropis. Selain itu Indonesia sangat strategis karena posisi indonesia yang menjadi penghubung antara benua Australia dan Asia dan juga Samudra Pasifik dan Hindia.

wisata indonesia

Terdapat banyak hal yang membuat sektor wisata indonesia menjadi sangat menarik, dengan kondisi Indonesia merupakan kepulauan mengakibatkan indonesia memiliki keragaman alam yang melimpah serta keragaman budaya yang dimiliki indonesia sehingga membuat kaum para wisatawan untuk berkunjung. Dengan garis pantai kurang lebih 81.000 km menjadikan indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di Dunia, garis pantai yang dimiliki indonesia merupakan 14 % dari garis pantai yang ada diseluruh dunia. Lautan sendiri telah menjadi bagian penting dalam wisata indonesia, luas laut Indonesia mencapai 5,8 juta km2, atau mendekati 70% dari seluruh luas Indonesia.

wisata indonesia

Dengan kondisi demikian, wajar apabila wisata laut telah menjadi bagian penting di dalam wisata indonesia karena Indonesia mempunyai keindahan di wilayah pesisir dan lautan yang kaya akan beranekaragam sumberdaya alam hayati. Kekayaan tersebut tercermin dari banyaknya spesies ikan dan terumbu karang yang hidup di Indonesia yang juga sangat mendukung di dalam wisata indonesia. Tidak hanya itu saja, tetapi juga dengan banyaknya ekosistem pesisir dan lautan yang terdapat di Indonesia memperkaya kekayaan alam Indonesia. Ekosistem di laut Indonesia tercatat sangat bervariasi, sehingga sangat indah untuk di nikmati dan memberi nilai lebih terhadap sektor wisata indonesia itu sendiri.

Hal menarik selanjutnya mengenai wisata indonesia adalah terdapatnya Kekayaan alam yang luar biasa melimpah yang juga menjadi salah satu daya tarik Indonesia, Indonesia dianugerahi keindahan alam yang luar biasa mempesona. Keindahan alam Indonesia ini memberikan kontribusi besar terhadap dunia wisata indonesia sehingga menjadikan Indonesia dilirik oleh negara lain sebagai tujuan wisata. Bahkan Indonesia dapat dikatakan sebagai surga dunia, terutama kawasan pesisir dan lautannya merupakan “surga dunia” yang terkenal di dunia. Seperti Taman Laut Nasional Bunaken yang merupakan salah satu aset wisata indonesia yang berada di Sulawesi Utara, merupakan taman laut terumbu karang yang cukup familiar di mata dunia, Puncak gunung Jaya Wijaya berselimuti salju abadi, serta hutan-hutan yang masih terjaga kealamiannya menyebabkan indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu surga dunia karena keindahan alamnya.

Yang tidak kalah penting dalam dunia wisata indonesia adalah terdapatnya keragaman budaya yang sangat menarik dan akan sangat menarik para wisatawan domestik ataupun mancanegara untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang harus dikunjungi. Indonesia menjadi negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia dengan jumlah 1288 suku bangsa, menjadikan indonesia sebagai aset budaya dunia yang sangat berperan penting untuk wisata indonesia. Alat musik Angklung misalnya, alat musik yang menggunakan bambu ini merupakan alat musik khas jawa barat yang telah go internasional, dengan kemerduan suaranya alat musik angklung telah dikenal di berbagai negara. Ada berbagai macam bentuk wisata yang ditawarkan oleh keindahan alam Indonesia. Wisata bahari, wisata pegunungan, dan wisata budaya merupakan beberapa contoh aset wisata indonesia yang dapat dikembangkan di Indonesia.

0 comments:

Post a Comment