Monday, August 8, 2011

Wisata Indonesia : Kuliner Kota YOGYAKARTA

Kota Yogyakarta sejak dulu memang menjadi daerah yang istimewa. Selain pemerintahannya yang berbeda dari provinsi lain karena dikepalai sultan kota ini juga mempunyai tempat wisata kuliner yang sangat banyak! Berbeda dengan pandangan orang selama ini yang mengira kalo di Jogja yang enak itu cuma gudeg, sebenarnya banyaaaakk banget tempat makan yang enak dan asik buat nongkrong! mulai dari makanan eropa, makanan asia, makanan jawa, makanan padang, dll. Dimana aja sih lokasi tempat2 makan yang enak dan asik buat nongkrong? WARA WIRI WISATA coba ngasih Infonya, Yuk mari di simak....


Makanan Khas Jogja
Sudah tidak perlu disebutkan lagi kalo gudeg itu makanan yang paling terkenal di jogja, tapi apakah kalian udah pada tau kalo gudeg itu ternyata ada banyak macamnya loh, kalo gk suka gudeg basah yang agak berkuah, bisa datang ke gudeg permata. lokasinya di jalan Gajah Mada depan bioskop permata. Tapi lesehan gudeg yang terkenal banget ini buka jam 9 malem. Cocok buat yang suka laper malem2 lalu gentayangan (hantu emangnya..haha) sedangkan kalo suka gudeg kering, yang paling enak di gudeg yu djum. lokasinya ada di jl.wijilan dan jalan kaliurang. gudeg kering ini rasanya gurih dan udah melegenda banget di Jogja.

Makanan Eropa
Ternyata tdk hanya makanan asli daerah saja yang ada di jogja tp makanan Eropa pun dapat ditemui di Jogja, tapi ada beberapa tempat yang punya menu cukup enak dengan harga terjangkau. tapi jangan berharap rasanya bakal persis seperti yang anda temukan di benua eropa sana yaaa,, karena kebanyakan udah dimodif biar lebih sesuai dengan lidah orang Jogja, misalnya Waroeng Steak yang menyediakan berbagai macam pilihan steak dengan harga yang murah banget dan rasa yang cukup enak. Lokasinya ada banyak nih mulai dari Jl. Cendrawasih No. 30, Jl. Colombo No. 22, Jl. Taman Siswa No. 83, Jl. HOS Cokroaminoto No. 49, dan Jl. Kaliurang Km 5,5 No. 53. Atau kalo mau yang lebih berkelas dikit ada restoran kedai kebun di Jl. Tirtodipuran no.3 yang enak banget. rata-rata pengunjungnya emang bule jadi masakan eropa mereka enak-enak walaupun konsekuensinya harnganya jadi harga bule juga (rogoh saku dalem-daleeeemmm..haha) menu yang di tersedia diantaranya ada steak, spaghetti, salad, dll dengan harga yang sayangnya lumayan mahal untuk standar Jogja. selain itu mereka juga punya menu-menu indonesia yang di adaptasi dengan selera bule seperti grilled tempe saus spaghetti dan tempe bumbu bali yang dibuat enggak pedas (tempe dimakan juga ama si bule..) hampir semua menu yang mereka punya enak-enak dan tempetnya pun unik sehingga patut dikunjungi.

Makanan Jawa
Kalian kangen makan sayur asem, tempe mendoan, dan berbagai makanan tradisional lainnya?? langsung aja deh meluncur ke warung makan Mbak Diah di Jl. Perumnas Seturan. Makanannya enak, harganya murah, dan tempatnya cukup nyaman, sistemnya ngambil makannya pun prasmanan sehingga kita bisa ambil sendiri lauk yang kita mau (cocok bgt sama mahasiswa..) sedangkan kalo pengen makan lotek yang enak bisa langsung meluncur ke Lotek Colombo lokasinya di Jl. Sagan, tiap hari pasti rame banget dan yang bikin lotek sampai 5 orang bos!!! (gak kebayang tuh yg mesen ampe berapa bungkus ya...) loteknya bisa minta pakai ketupat, bakwan, atau kerupuk sesuai permintaan.

Makanan Ikan dan Lesehan
Kalo lagi pengen makan ikan gurami, lele, wader, nila, dll, Jogja punya banyak tempat yang enak! yang paling top adalah Rumah Makan Moro Lejar. Lokasinya di Jalan Kalasan, Pakem, Cangkringan, kaliurang yang merupakan lereng gunung merapi sehingga hawanya dingin dan tempat makannya di gubug2 di atas kolam yang sangat unik! makan yang enak di tempat yang enak pula (kaya selogan warung makan ..haha) selain itu ada juga rumah makan Ledok Gebang di daerah minomartani yang tempatnya juga enak dan bisa mancing ikan terus hasil pancingan kita bisa di bawa pulang ataupun dikembalikan lagi mereka juga sedia jasa sewa pancing dan umpan.


Makanan Vegetarian
Untuk kaum vegetarian maupun non vegetarian yang lagi mengunjungi Jogja tempat-tempat ini wajib dicoba oleh kalian!!! karena selain makanannya enak, tempatnya pun bener-bener nyaman dan bikin betah lama-lama disini (asal jangan ampe 7 hari 7 malem aja betahnya..haha) Namanya Milas (jl.prawirotaman) dan Somayoga (jl.babarsari) keduanya punya menu enak seperti burger vegetarian, aneka jamur, spaghetti, dll, rata-rata makanannya enak dan patut dicoba kalo lagi keburu-buru, bisa juga datang ke Loving Hut express di Jl.Moses Gatotkaca yang merupakan 'fast food' vegetarian dengan sistem prasmanan. Harganya murah dan rasanya enak.

Makanan Cina
Banyak banget restoran makanan Cina di Jogja mulai dari yang kecil sampai yang mewah. Kalo cari yang harganya lumayan dengan rasa yang enak, bisa dicoba restoran Hao Mei (Jl. HOS. Cokroaminoto 205), restoran Lie Djiong (Jl. Brigjen Katamso 21), dan yang lebih ekonomis tapi enggak kalah enak, restoran twister (Jl.Supadi) sedangkan kalo pengen makan yang lebih berkelas dan punya kelas, bisa makan di Hotel Quality yang punya macam2 dim sum enak dengan harga yang lumayan terjangkau juga lah (jogja gt loh...haha).


Cafe
Saat lagi bosen, Jogja juga punya cafe yang enak banget buat nongkrong. yang paling terkenal itu Rumah Coklat di Jl. Cik Di Tiro. menunya standar cafe dan tempatnya nyaman sehingga sering ramai di malam minggu buat tempat anak muda nongkrong (apalagi bareng pacar...) menu andalannya sih kayak roti coklat yang dalemnya ada coklat yang bisa meleleh itu kalo maju sedikit dari rumah coklat di seberang jalannya juga ada iCafe tempatnya lebih sepi tapi makanannya jauh lebih enak! harganya pun terjangkau dan tempatnya enak buat nongkrong. mereka juga sering ngadain acara nonton bareng pertandingan sepak bola loh.



Mie Ayam dan Mie Jowo
Mie Jowo sering banget dicari oleh orang-orang yang datang ke Jogja, yang paling terkenal adalah Mi Mbah Mo di daerah Bantul tapi ada juga tempat favorit para pendatang jogja yang enggak kalah enak, namanya Mi Oncor, letaknya di gang kecil sebelum Indomaret Jl.Mangkubumi, bukanya cuma kalo malem aja tapi rasa mienya enak dan dimasak satu-satu seperti mie jawa lainnya sehingga agan2 kudu bersabar kalo antrean pas banyak (siapin peralatan buat nunggu deh..) sedangkan untuk mie ayam, yang paling enak adalah Mie Bandung, letaknya di Jl. Bayangkara maju sedikit dari Salon harajuku tempatnya emang sederhana banget cuma kayak rumah gitu, tapi jangan salah rasanya bener2 enak bos!!! menu lainnya seperti sayur dan daging2an juga enggak kalah enak, harganya pun juga terjangkau kantong pelajar recommended banget buat yang suka makan mie ayam deh.

Makanan Pedas
Makanan pedas emang selalu dicari dimana-mana sama penikmatnya, kalo suka yang pedas-pedas terus lg di jogja harus dateng ke rumah makan Ayam Geprek di daerah Palagan, mereka punya menu-menu seperti ayam geprek dan ayam pencok yang pedesnya mantep banget banget banget!!! enggak disaranin deh buat yang bukan penggila pedas. Selain itu ada juga rumah makan dapur desa, letaknya di Jl Tmn Siswa Gg Pronocitro 713 Wirogunan, sebenarnya ini bukan rumah makan khusus makanan pedas tapi restoran ini punya menu nasi merah khas gunung kidul dengan lauk sayur dan tempe penyet yang super pedas!!! selain tempe ayam pun bisa dipenyet dengan sambel yang sama, gabungan sayur bersantan dengan tempe penyetnya enak banget dan wajib dicoba dah (ati2 mules..hehe).

Makanan Lain-lain
Lagi di Jogja terus lagi pengen makan masakan aneka jamur, ada satu rumah makan yang enak banget di Jogja namanya Jejamuran, letaknya sekitar 1 km dari Jl.Magelang, menu masakan mereka semua terbuat dari jamur mulai sate jamur, jamur asam manis, dadar shitake, rendang jamur, lumpia jamur, dll. Semuanya enak dan harganya murah banget dah!!! Selain itu kita bisa liat jamu-jamur segar yang emang dibubidayakan disitu. Jadi selain makan enak bisa tanya2 juga soal jamur buat nambah pengetahuan (makan sambil belajar dah...) sedangkan kalo agan2 pengen makan masakan Indonesia, ada Rumah Makan Pringsewu yang letaknya juga di Jl.Magelang tidak jauh dari Jejamuran, rumah makan ini merupakan rumah makan kebun sehingga agan2 bisa makan di gubug-gubug dengan lesehan atau pun di meja biasa masakannya hampir semua enak dan harganya pun lumayan terjangkau selain itu banyak permainan yang disediakan disana baik untuk anak-anak maupun orang dewasa sehingga cocok buat tempat makan keluarga.

Segitu dulu deh WARA WIRI WISATA ngasih info tentang Kuliner yang ada di Jogjakarta, semoga bermanfaat (amien), semoga menikmati makanan yang enak (amien), dan satu pesan buat para pemburu Kuliner Enak, SIAPKAN UANG SEBELUM MAKAN!!!haha

0 comments:

Post a Comment